Cara Mengatasi Penyakit Patek (Antraknosa) pada Tanaman

@mgr 19 Maret 2018 09:19:05 WIB

BerbagiPengetahuan.Bangunjiwo. Pada musim penghujan tanaman buah-buahan akan rentan terhadap serangan Patek (Antraknosa). Pada tanaman Cabe dan Tomat yang perawatannya kurang intensif, maka gejala serangan akan langsung terlihat merata dalam hitungan hari.

Saat anda mendapati  gejala serangan antraknosa, sebaiknya anda segera melakukan penyemprotan fungisida kontak berbahan aktif Propineb (Atracol) + Kalsium lalu diselang seling dengan Fungisida Kontak berbahan aktif Klorotalonil (Daconil) + Kalsium.

Hal itu dilakukan selama 4 hari tanpa jeda. Setelah itu pada hari ke-5 gunakan Fungisida sistemik berbahan aktif defekonazol (Score) + Pupuk Kalium Phospat (MKP).

Setelah penyemprotan fungisida kontak selama 4 hari berturut-turut diharapkan serangan antraknosa terhenti lalu anda memberikan fungisida sistemik guna sistem pertahanan dari dalam tanaman. Untuk selanjutnya anda menyemprotkan Fungisida kontak berbahan aktif Propineb diseling dengan Fungisida Kontak berbahan aktif Tembaga Hidroksida dengan interval 2 hari sekali. Lanjutkan penggunaan fungisida sistemik tiap 6-8 hari sekali. 

Penting untuk segera membuang jauh-jauh (dibakar lebih baik) buah yang sudah terserang antraknosa baik yang masih di pohon ataupun yang sudah jatuh. Hal ini guna menghindari penyebaran selanjutnya serta bertahannya cendawan antraknosa dilahan tanam kita.

Komentar atas Cara Mengatasi Penyakit Patek (Antraknosa) pada Tanaman

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Desa Wisata Bangunjiwo

INFOGRAFIS APBKAL TA 2024

LAPORAN REALISASI APBKal TA 2023

Profil Desa Wisata Bangunjiwo Paradise Of Culture

Data Jumlah Penduduk Bangunjiwo

Album Peta Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kapanewon Kasihan

GIS BANGUNJIWO

Profil Desa Wisata Kajigelem

APLIKASI ANDROID

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 11.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Kalurahan

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License