Tips Mudah Menyetek Tanaman

@mgr 16 Maret 2018 08:15:27 WIB

BerbagiPengetahuan.Bangunjiwo. Cara ini juga banyak sekali dimanfaatkan untuk menanam tanaman buah. Sehingga dalam satu pohon saja, anda dapat memperoleh 2 jenis buah yang berbeda saat panen. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah- langkah mudah dalam melakukannya :

  1. Pilihlah jenis tanaman buah yang berbeda namun masih memiliki spesies yang sama serta dengan tanaman indukan berkualitas mulai dari pohon hingga buah yang dihasilkan.
  2. Pilihlah batang bawah tanaman buah yang memiliki diameter hampir sama, perlu anda ketahui juga bahwa pertumbuhan akar pada setiap tanaman buah berbeda tergantung jenis pada tanaman buah tersebut.
  3. Potonglah dengan ukuran tinggi kurang lebih 20 hingga 25 cm di atas permukaan tanah, untuk memotongnya anda bisa menggunakan pisau atau gunting jika memungkinkan dan belahlah batang tersebut sedalam kurang lebih 2 hingga 3 cm.
  4. Masukkanlah batang atas tanaman jenis lain dengan varietas sama yang sudah di sayat pada kedua sisinya sepanjang kurang lebih 2 hingga 3 cm dengan panjang batang kurang lebih 8 hingga 10 cm.
  5. Ikatlah kedua batang yang telah disatukan tersebut menggunakan plastik dan lapisi pengikatan menggunakan tali agar lebih kuat. Pengikatan menggunakan plastik ini bertujuan untuk mengurangi penguapan yang terjasi pada tanaman stek serta menjaga tingkat kelembapan pada sambungan.
  6. Selain itu sebisa mungkin anda juga harus memperhatikan letak sambungan, tempatkanlah sambungan tanaman di bawah naungan ataupun pohon besar untuk melindunginya dari terik matahari agar penguapan tidak berlangsung pada stek.
  7. Untuk mengetahui keberhasilannya anda dapat memperhatikan stek anda, tunas pada stek akan muncul pada minggu ke 2 hingga ke 4 setelah anda menyambungkan stek. Ciri jika stek gagal yaitu stek tidak bertunas dan berwarna hitam kering.
  8. Jika batang sudah benar benar menempel anda bisa melepaskan plastiknya. Dan selanjutnya anda bisa memindahkannya pada media tanam seperti pekarangan rumah, kebun ataupun pot yang sekiranya cukup untuk tanaman buah anda. Jangan lupa untuk selalu merawatnya juga agar panen anda melimpah da sukses.

Itulah cara stek tanaman buah yang dapat kami ulas dengan rinci, praktis dan sederhana. Lakukanlah cara- cara tersebut agar anda sukses dalam melakukan stek pada tanaman buah anda, dengan melakukannya secara tepat maka anda akan memperoleh hasil panen yang berkualitas dan melimpah. Selamat mencoba.

Komentar atas Tips Mudah Menyetek Tanaman

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Desa Wisata Bangunjiwo

INFOGRAFIS APBKAL TA 2024

LAPORAN REALISASI APBKal TA 2023

Profil Desa Wisata Bangunjiwo Paradise Of Culture

Data Jumlah Penduduk Bangunjiwo

Album Peta Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kapanewon Kasihan

GIS BANGUNJIWO

Profil Desa Wisata Kajigelem

APLIKASI ANDROID

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 11.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Kalurahan

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License