Cara Mencangkok Tanaman yang Benar dan Cepat Tumbuh

@mgr 15 Maret 2018 11:15:08 WIB

BerbagiPengetahuan.Bangunjiwo.Mencangkok merupakan salah satu cara pembiakan vegetatif buatan yang bertujuan untuk memperbanyak tanaman yang memiliki sifat yang sama dengan induknya dan cepat menghasilkan. Selain itu, pohonnya juga tidak terlalu tinggi.

 

Hingga saat ini, budidaya tanaman hias ataupun tanaman buah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara budidaya tersebut adalah dengan cara mencangkok tanaman. Mencangkok atau okulasi adalah teknik budidaya tanaman yang nantinya akan ditanam didalam pot.

Sebelum melakukan proses mencangkok, berikut adalah alat dan bahan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu:

  • Pisau yang tajam
  • Tali
  • Plastik atau sabut kelapa sebagai pembungkus
  • Tanah yang sudah dicampur pupuk
  • Larutan B1 Equinox

1. Pemilihan dan Penyayatan Batang

 

Tahap awal dari cara mencangkok tanaman adalah memilih batang yang akan dicangkok tersebut. Adapun ketentuan yang perlu diperhatikan adalah:

  • Usahakan batangnya yang tumbuh dengan tegak
  • Maksimal kemiringan batangnya 45 derajat
  • Tidak terlalu tua dan merupakan tanaman yang subur.

Hal ini perlu diperhatikan secara teliti agar pertumbuhan hasil cangkok tersebut juga dapat baik pula seperti induknya.

Setelah berhasil menentukan batang yang akan dicangkok, maka tahap selanjutnya adalah melakukan penyayatan pada batang pilihan tersebut. Sayatlah secara perlahan dengan arah melingkar dengan jarak antara sayatan adalah 1,2-3 cm.

Buanglah kulit batan sayatan tersebut dan bersihkan hingga kambium menghilang dan mengering. Dalam proses ini perlu kehati hatian dalam melakukannya, karena apabila terdapat sedikit saja kesalahan maka akan berdampak pada hasilnya nanti.

 

2. Menutup Sayatan

 

Tahap kedua adalah dengan menutup sayatan tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan sabut kelapa yang telah disediakan tersebut, apabila sulit untuk menemukan sabut kelapa, Anda dapat menggunakan plastik sebagai alternatifnya.

Yang perlu diperhatikan disini adalah sebelum sayatan tersebut ditutup, terlebih dahulu menempelkan media yang telah dibuat sebelumnya berupa tanah yang dicampur dengan pupuk.

Jika sudah dibalut dengan media tersebut, maka langsung ditutup dengan serabut kelapa atau plastik. Ikatlah masing masing ujung pangkal dari pencakokan tersebut.

Apabila terlihat kering, Anda dapat menambahkan larutan B1 Equinox dengan cara menyuntikkannya secara perlahan. Hal ini dilakukan agar proses pencakokan berlangsung lebih cepat. Adapun ketentuan dari larutan B1 Equinox adalah dengan mencampurkan 2ml B1 Equinox dengan 1 liter air yang dapat digunakan dalam beberapa hari bahkan bulan. Tunggulah hasil cangkokan tersebut dalam jangka waktu 1-3 bulan hingga akarnya tumbuh.

 

3. Pemeliharaan

 

Tahap terakhir adalah proses pemeliharaan hasil cangkok tersebut. Apabila pada cangkokan tersebut sudah terlihat akarnya, maka sudah bisa kita potong pangkal cabangnya kemudian dipindahkan ke tempat yang lebih luas.

Sebelumnya, siapkan terlebih dahulu polybag atau media yang digunakan untuk menanam, kemudian isi media tersebut dengan tanah yang sudah dicampuri pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 atau 2:1 agar hasil cangkokan tersebut dapat tumbuh dengan subur dan baik.

Setidaknya proses pertumbuhan hasil cangkokan ini membutuhkan waktu hingga 1 bulan atau bahkan lebih tergantung dari nutrisi yang didapatkan dalam media tersebut. Agar hasilnya maskimal, Anda dapat menyirami tanaman tersebut dengan larutan B1 Equinox atau larutan lain yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman tersebut.

 

Komentar atas Cara Mencangkok Tanaman yang Benar dan Cepat Tumbuh

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

INFOGRAFIS APBKal PERUBAHAN TA 2024

Desa Wisata Bangunjiwo

INFOGRAFIS APBKAL TA 2024

LAPORAN REALISASI APBKal TA 2023

Profil Desa Wisata Bangunjiwo Paradise Of Culture

Data Jumlah Penduduk Bangunjiwo

Album Peta Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kapanewon Kasihan

GIS BANGUNJIWO

Profil Desa Wisata Kajigelem

APLIKASI ANDROID

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 11.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Kalurahan

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License