Wiwitan Kalurahan Bangunjiwo

@Her5wan 20 September 2024 15:42:29 WIB

Padi sebagai tanaman penghasil beras menjadi komoditas yang sangat penting bagi Indonesia, selain sebagai penghasil bahan pangan pokok, komoditas padi juga merupakan sumber penghasilan utama dari jutaan petani. Padi sebagai bagian dari komoditas ekonomi dan budaya, telah memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan petani. Para petani mengekspresikan rasa syukur tersebut melalui beragam kegiatan kebudayaan. Salah satu kegiatan yang saat ini masih dilakukan adalah melalui upacara adat tradisi wiwitan.
Pemerintah Kalurahan Bangunjiwo Bersama Gapoktan Saka Makmur pada hari Rabu, 18 September 2024 telah melaksanakan upacara adat tradisi wiwitan. Upacara adat ini merupakan perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerahNya dapat mencapai musim panen. Acara Wiwitan ini dihadiri oleh Bupati Bantul, Tim Monitoring Desa Mandiri Budaya, Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Panewu Kasihan, Balai Penyuluh Pertanian Kapanewon Kasihan Lurah Bangunjiwo beserta Jajaran Pamong Kalurahan Bangunjiwo, Bamuskal Bangunjiwo, Gapoktan Bangunjiwo, Kelompok Wanita Tani Padukuhan Gendeng, dan masyarakat di Kalurahan Bangunjiwo.
Rangkaian acara wiwitan ini dimulai dengan kirab ubo rampe wiwitan, doa Bersama, dahar kembul/sumene, simbolis panen padi, dan ditutup dengan acara sambutan-sambutan. Berdasarkan hasil sampel ubinan yang telah diambil, produktivitas padi pada musim panen kali ini mencapai rata-rata 7,1 ton per hektar.

Komentar atas Wiwitan Kalurahan Bangunjiwo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Desa Wisata Bangunjiwo

INFOGRAFIS APBKAL TA 2024

LAPORAN REALISASI APBKal TA 2023

Profil Desa Wisata Bangunjiwo Paradise Of Culture

Data Jumlah Penduduk Bangunjiwo

Album Peta Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kapanewon Kasihan

GIS BANGUNJIWO

Profil Desa Wisata Kajigelem

APLIKASI ANDROID

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 11.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Kalurahan

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License