Nyadran Makam Banyutemumpang

@Her5wan 08 Maret 2023 13:48:42 WIB

Nyadran adalah sebuah tradisi budaya yang dilakukan oleh masyarakat Jawa, terutama di daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. Kegiatan nyadran dalam rangka mendoakan para pendahulu/ leluhur dan meningkatkan rasa kesatuan sosial. Tradisi nyadran biasanya dilakukan di tempat pemakaman atau makam pada tanggal 15 ruwah/ syaban.
Masyarakat Jawa meyakini bahwa ziarah ke makam merupakan bentuk penghormatan dan penghormatan kepada para leluhur terutama orang tua, simbah dan kerabat yang sudah meninggal. Tradisi nyadran di makam ini adalah salah satu bentuk penghormatan kepada para leluhur yang sudah meninggal. Salah satu tujuan diadakannya nyadran tidak lain adalah mendoakan. Bukan meminta-minta pada arwah leluhur..
Tradisi nyadran di makam juga memiliki rangkaian pemeliharaan kebersihan dan keindahan lingkungan sekitar makam. Bebesik makam, motong rumput, membersihkan nisan, dan perawatan lingkungan makam.
Pada nyadran di Makam Banyutemumpang ini diikuti oleh ahliwaris yang dimakamkan di makam banyutemumpang. Antara lain warga padukuhan Salakan, Banyutemumpang, Salam, Sambikerep maupun yang merantau di luar kota. Acara nyadran ini dipimpin oleh simbah Kaum Rois bapak Sudarmaji kemudian dilanjutkan ceramah singkat oleh Bapak Mujana.
Acara ini terselenggara atas koordinasi dari Pokgiat LPMK dan Ketua RT di padukuhan salakan. Persiapan yang dilakukan oleh masyarakat diantaranya memperbaiki resplang brak makam, bebesik makam, pemasangan tratag seng di seputaran brak yang juga di ikuti oleh warga banyu tumumpang rt 03.
#tradisi
#ruwahan
#nyadran

Komentar atas Nyadran Makam Banyutemumpang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

INFOGRAFIS APBKAL TA 2024

LAPORAN REALISASI APBKal TA 2023

Profil Desa Wisata Bangunjiwo Paradise Of Culture

Data Jumlah Penduduk Bangunjiwo

Album Peta Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kapanewon Kasihan

GIS BANGUNJIWO

Profil Desa Wisata Kajigelem

APLIKASI ANDROID

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 11.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Kalurahan

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License