Penampilan Tari Ambangunjiwo Goa Wurung dalam Pentas Selasa Wagen

@mgr 26 Oktober 2022 14:45:05 WIB

Tari Jathilan Ambangunjiwo Goa Wurung dari Kalurahan Mandiri Budaya Bangunjiwo tampil sebagai penutup pada gelaran pentas seni Selasa Wagen yang diselenggarakan di Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta. 25/10
Kegiatan pentas seni Selasa Wagen ini kembali diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY, setelah beberapa waktu vakum karena pandemi covid-19.
Tari Jathilan Ambangunjiwo Goa Wurung ini menceritakan tentang perjuangan Pangeran Diponegoro.
Kanjeng Pangeran Diponegoro bersama pengikutnya memilih keluar dari lingkungan kraton dan bergeser di wilayah Ngayogyokarto selatan, di lereng perbukitan di sebuah goa.
Di sekitar goa ini para prajurit dan para pengikut Kanjeng Pangeran Diponegoro menyusun kekuatan dan di gembleng ilmu kanuragan, dipimpin oleh Mas Bei Joyokesumo yang diserahi untuk memobilisator pengikut di wilayah selatan dan dibantu serta didukung oleh Nyi Ageng Serang beserta pasukannya.
Sebuah kidung yang utama ditembangkan saat penggemblengan ilmu kanuragan yaitu “Kidung Rumekso Ing Wengi”. Mereka dengan semangat tinggi berlatih ilmu keprajuritan ilmu kanuragan sebagai benteng dalam menghadapi tentara Belanda.
Namun ternyata keberadaan pengikut pangeran Diponegoro di goa lereng sebelah utara tersebut sudah diketahui telik sandi Belanda yang akhirnya Kanjeng Pangeran Diponegoro bersama pengikutnya bergeser di lereng bukit sebelah selatan yaitu di Goa Selarong.
Dan goa sebagai markas pertama kali yang berada di wilayah Dusun Bibis Bangunjiwo di lereng bukit sebelah utara ini diberi nama Goa Wurung.
Salam Budaya
Lestari Budayaku

Komentar atas Penampilan Tari Ambangunjiwo Goa Wurung dalam Pentas Selasa Wagen

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

INFOGRAFIS APBKAL TA 2024

LAPORAN REALISASI APBKal TA 2023

Profil Desa Wisata Bangunjiwo Paradise Of Culture

Data Jumlah Penduduk Bangunjiwo

Album Peta Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kapanewon Kasihan

GIS BANGUNJIWO

Profil Desa Wisata Kajigelem

APLIKASI ANDROID

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 11.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Kalurahan

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License