Wisata Literasi, Belajar dan Menggali Potensi bersama SDN Banyuripan

@mgr 14 Oktober 2022 09:45:16 WIB

Wisata Literasi, Belajar dan Menggali Potensi bersama SDN Banyuripan

 

Kegiatan wisata literasi ini merupakan kegiatan terakhir dari rangkian kegiatan Gebyar literasi sekolah yang dilaksanakan di SD N Banyuripan, Rabu 12 Oktober 2022. Pada kegiatan wisata literasi gelombang ke 2 ini diikuti oleh siswa kelas 1 dan 2, ini berlokasi di Museum Vredenburg dan Taman Pintar. Ini menjadi pengalaman pertama bagi mereka melakukan kegiatan wisata literasi.

Wisata literasi tidak semata-mata kegiatan wisata yang hanya bertujuan edukasi saja. Artinta siswa hanya menambah pengetahuan dan wawasan saja. Namun dengan wisata literasi siwa mampu menampilkan potensi yang ada pada diri mereka. Karena sejatinya literasi bukan hanya kegiatn membaca dan menulis akan tetapi literasi menjadi kegiatan yang berkesinambungan dari mengamati, mengumpulkan infromasi dan mengkomunikasikan dalam bentuk lisan ataupun tulisan.

Banyak potensi siswa yang muncul pada kegiatan wisata literasi ini. Salah satunya siswa kelas 1 bernama Kelud. Sebagai Dalang Cilik, dia mampu menyebutkan nama para tokoh wayang dan sedikit memberikan penjelasan tentang tokoh pewayangan yang dipajang berjajar disepanjang jalan malioboro kepada teman-teman dan guru. Selain itu Kelud juga mampu bercerita tentang kegiatannya di Museum Vrederburg selayaknya vlogger, meskipun masih tahap belajar. Bahkan bagi siswa yang gemar menggambar, anak-anak mampu menceritakan kegiatan melalui media gambar.

Gilang salah satu siswa kelas dua, mengatakan “seperti sedang berburu”. Dengan sangat antusias mereka menerima lembar kerja yang berisi gambar-gambar bend yang ada di museum. Mereka berkeliling museum untuk menemukan gambar yang ada di lembar keja mereka. Mungkin jika tidak dibatasi oleh waktu para siswa masih akan terus berjalan menyusuri lingkungan museum untuk mencari tahu banyak hal yang membuat merka penuh banyak pertanyaan di benaknya.

Komentar atas Wisata Literasi, Belajar dan Menggali Potensi bersama SDN Banyuripan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Desa Wisata Bangunjiwo

INFOGRAFIS APBKAL TA 2024

LAPORAN REALISASI APBKal TA 2023

Profil Desa Wisata Bangunjiwo Paradise Of Culture

Data Jumlah Penduduk Bangunjiwo

Album Peta Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kapanewon Kasihan

GIS BANGUNJIWO

Profil Desa Wisata Kajigelem

APLIKASI ANDROID

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 11.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Kalurahan

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License