Pisau Batik

Administrator 02 Maret 2017 14:48:39 WIB

Pisau Batik Krengseng

SENTRA KERAJINAN PISAU BATIK KRENGSENG

Sebuah sentra industri kerajinan yang unik dan tak kalah menarik. Sayang untuk dilewatkan jika anda sedang berkunjung ke Desa Bangunjiwo. Di sini, sebuah pisau yang sering kita anggap tidak menarik dapat berubah menjadi sesuatu yang lebih bernilai seni dan cocok untuk dijadikan souvenir.

Inilah, Sentra Kerajinan Pisau Batik Krengseng.

Nama UKM        : Sentra Kerajinan Pisau Batik Krengseng

Produk             :  Pisau Batik, aneka souvenir (loro blonyo,

                         topeng,cermin,kalender,gantungankunci)

Lokasi              : Krengseng, Kalirandu Rt 03

                        Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul

Contact            : Bpk. Darmo Sudiman    0812 2808 0489 // 0819 4357 6889

 

 ASAL-USUL

Sekitar tahun 1950an, beberapa penduduk kampung Krengseng belajar membuat pisau di daerah Kudus, Jawa Tengah. Salah satunya adalah Bpk. Darmo Sudiman, yang nantinya menjadi pelopor terciptanya kreasi pisau batik.

Pada awal berdirinya, para pengrajin hanya membuat pisau biasa yang lazim kita temukan di dapur-dapur. Alat yang digunakan pun masih sederhana dan belum memakai mesin sama sekali, seperti pukul,betel(untuk memahat),gergaji dan ubupan(blower manual).

Pada perkembangannya, peralatan produksi mulai mengenal mesin. Seperti mesin gerinda, slep & blower. Terlebih ketika pengrajin bergabung & bekerjasama dengan DISPERINDAGKOP sekitar tahun 1980an. Dari situ pengrajin memperoleh banyak keuntungan, seperti bantuan peralatan, kesempatan untuk studi banding dan mengikuti berbagai ajang pameran.

Pisau Batik sendiri merupakan hasil ide dan kreasi Bpk. Darmo Sudiman. Tepatnya pada tahun 1996, beliau menciptakan sebuah karya unik & menarik, yaitu dengan memberi motif batik pada tangkai pisau. Dari sinilah nantinya pisau batik dikembangkan dengan berbagai macam bentuk.

PRODUK UNGGULAN

 

Pisau batik adalah produk unggulan para pengrajin di Krengseng. Dan salah satu letak keunggulan dan keunikan pisau batik terletak pada tangkai /gagang pisaunya. Di tangan pengrajin, tangkai yang biasanya hanya berbentuk bulat atau gepeng diganti dengan berbagai macam bentuk yang membuat anda tertarik untuk membawanya pulang. Diantaranya seperti bentuk wayang Rama & Shinta, penari bali, dan Punokawan.

Hal lain yang menjadikan pisau batik banyak dicari adalah corak batik itu sendiri. Lebih dari 200 motif & corak batik yang dimiliki pengrajin membuat pisau batik tetap eksklusif . Parang Gondosuli, Parang baris, parang centhong, parang curiga, parang pancing adalah beberapa motif yang sering dipakai pengrajin.

Dalam perkembangannya, kreasi corak batik tidak hanya ditemukan di gagang pisau. Kita dapat menemukan nya di seluruh bagian pisau, termasuk logam pisau nya . Ya, logam pisau yang biasa dipakai untuk mengiris tak luput dari tangan-tangan kreatif para pengrajin. Kepala merpati, sunduk maru, nyungit kuwawung, patimura dll. Tentunya pisau jenis ini lebih cocok sebagai souvenir & cinderamata daripada fungsi asli pisau sendiri,yaitu untuk mengiris.

PRODUK LAIN

Untuk memenuhi kebutuhan pasar & juga pelanggan, pengrajin juga memproduksi lebih dari 30 karya batik kayu, diataranya: loro blonyo, wayang tempat lilin, rekal, sandal, cepet, bros, cermin, kalender kayu, gantungan kunci,dll. Kesemuanya berbahan dasar kayu & bermotifkan batik.

   

 

PEMASARAN

Anda dapat menemukan pisau batik ini di berbagai pasar tradisional di Bantul& sekitarnya. Juga beberapa waktu yang lalu sudah merambah ke toko-toko & swalayan di Yogyakarta. Untuk pemasaran diluar daerah, para pengrajin sudah memiliki cukup banyak pelanggan. Jakarta, Lampung & Surabaya adalah beberapa kota di Indonesia yang menjadi tujuan pemasaran pisau batik ini. Sedang untuk pasar mancanegara, sampai saat ini baru sampai di negara tetangga, yaitu Malaysia.

Akan tetapi, jika anda ingin lebih leluasa memilih pisau-pisau batik ini, lebih baik anda datang langsung ke pengrajin pisau batik ini. Disana anda juga dapat memesan bentuk pisau yang sesuai dengan keinginan anda sendiri.

HARGA

Pisau batik nan unik ini dapat dibeli dengan harga yang variatif & cukup kompetitif. Untuk sebuah pisau bubut biasa,tanpa motif batik, dijual dengan harga Rp 3.000,- sampai 5 ribu rupiah. Sedang pisau yang telah diberi motif batik dengan ukuran kecil, anda dapat menebusnya dengan harga mulai dari Rp 7.500,- sampai Rp 20.000,-. Ukuran tanggung / sedang dihargai Rp 30.000,- s/d Rp 50.000,-. Dan ukuran yang paling besar dapat anda bawa pulang mulai dengan harga Rp 100.000,- . Ada pula jenis pisau yang hanya dijual berpasangan, seperti pisau Rama & Shinta yang dijual lebih dari 200 ribu rupiah.

PROSES PRODUKSI

Disini kami jelaskan secara singkat proses pembuatan pisau batik ini. Tentunya tulisan ini hanyalah sebatas informasi, bukan sebagai tutorial yang dapat anda praktekkan sendiri dirumah.

Pertama, perlu dijelaskan bahwa bahan baku pisau ini adalah besi dan kayu. Adapun jenis besi nya adalah besi logam,besi baja,besi monel,dan besi stainless. Sedangkan kayu yang digunakan untuk tangkai adalah kayu jati, klepu, jemetri & sengon.

Setelah itu, plat besi dipotong-potong sesuai dengan kebutuhan. Proses selanjutnya adalah meng-gerinda plat besi tersebut. Mesin yang digunakan adalah mesin gerinda. Proses ini dilakukan berulang sebanyak 2-3 kali.

Kemudian, untuk menghasilkan plat besi yang mengkilap, dilakukan proses pengamplasan dengan mesin amplas atau slep.Setelah itu, plat siap dibakar. Proses pembakaran ini dibantu dengan mesin blower.

Sedangkan pengolahan tangkai & sarung pisau yang berbahan kayu menggunakan mesin bubut dan pisau ukir/serut. Setelah itu kayu siap diberi motif batik.

Bahan baku pisau batik. Plat besi & kayu

Proses pemotongan plat besi

Mesin bubut. Untuk mengolah tangkai pisau

Tangkai & sarung pisau yang siap finishing &  diberi motif batik

Plat besi yang telah di-gerinda

Setelah itu, plat besi lalu dibakar. Proses ini dibantu oleh mesin blower

Tangkai pisau yang telah siap dibatik

 

LOKASI

Jika anda tertarik dengan kerajinan pisau batik ini, anda dapat mencari informasi lebih lanjut dengan langsung datang ke lokasi. Sentra Kerajinan pisau batik ini terdapat di Krengseng, yang merupakan bagian dari pedukuhan Kalirandu Rt 03, Desa Bangunjiwo.

Untuk mencapai ke lokasi, anda harus mengenal terlebih dahulu Desa Bangunjiwo. Dari perempatan Balai Desa Bangunjiwo, ambil jalan ke arah barat / arah ke Sedayu. Sekitar Satu kilometer kemudian anda akan menemukan plang /papan nama Sentra Kerajinan Pisau Batik.

Perlu diperhatikan,bahwa papan nama tersebut berukuran tidak terlalu besar dan sering tersamarkan oleh pepohonan yang ada di sekitarnya. Patokannya adalah, sebelum menjumpai papan nama /pintu masuk Sentra Pisau Batik, anda terlebih dahulu melewati pertigaan, yang jika mengambil arah kiri akan sampai ke Desa Wisata Krebet. Ambil arah lurus, dan jalan akan menurun. Segera setelah itu anda menjumpai persawahan di kanan kiri jalan. Tepat di ujung persawahan, sebelum melewati sungai kecil, seharusnya anda melihat papan nama tersebut.

 

DATA PENGRAJIN PISAU BATIK

     

No

 Nama

 Pedukuhan

RT

Jumlah Tenaga Kerja

1

 SUDIMAN

 KALIRANDU

003

2

2

 SUPRIYATI,NY

 KALIRANDU

003

1

3

 KARTO WIYONO

 KALIRANDU

003

1

4

 NGATIDJO

 KALIRANDU

003

1

5

 JUMINGIN

 KALIRANDU

003

1

6

 RADI

 KALIRANDU

003

1

7

 MUGIYEM

 KALIRANDU

003

1

8

 SAMPYUH

 KALIRANDU

003

1

9

 TRUBUS

 KALIRANDU

003

1

10

 RATIDJO

 KALIRANDU

003

1

11

 KASIMIN

 KALIRANDU

003

1

12

 SUHARSONO

 KALIRANDU

003

1

13

 DARMO WIYONO

 KALIRANDU

003

1

14

 SUKAR

 KALIRANDU

003

1

15

 WAGINEM ,NY

 KALIRANDU

003

1

16

 SRI AYEM,NY

 KALIRANDU

003

1

17

 YUNI

 KALIRANDU

003

1

18

 RUKIJO

 KALIRANDU

003

1

19

 LANGGENG

 KALIRANDU

003

1

20

 SASTRO

 KALIRANDU

003

1

21

 NGATIYO

 KALIRANDU

003

1

22

 JEMINGIN

 KALIRANDU

003

1

23

 ISDIYANTO

 KALIRANDU

003

1

24

 KAREP

 KALIRANDU

003

1

25

 SUPRIH

 KALIRANDU

003

1

26

 WAGIMAN

 KALIRANDU

003

1

27

 WAGIRIN

 KALIRANDU

003

1

28

 YAMIDI

 KALIRANDU

003

1

29

 SRIYATI

 KALIRANDU

003

1

30

 WANDI

 KALIRANDU

003

1

31

 KAMTO

 KALIRANDU

003

1

Komentar atas Pisau Batik

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Profil Desa Wisata Bangunjiwo Paradise Of Culture

INFOGRAFIK REALISASI APBKAL BANGUNJIWO TA 2021

Album Peta Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kapanewon Kasihan

OPENDATA APBKAL BANGUNJIWO

GIS BANGUNJIWO

Profil Desa Wisata Kajigelem

INFOGRAFIK APBKal Bangunjiwo 2022

IG Kalurahan Bangunjiwo

APLIKASI ANDROID

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 11.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Desa

Persyaratan Pengantar Akte

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License