Putus Mata Rantai Perundungan dengan Deklarasi Anti Bully di SD Banyuripan

Pitaya 12 November 2019 08:57:56 WIB

Akhir-akhir ini istilah bully atau perundungan marak dikalangan pelajar maupun masyarakat umum. Ini terjadi karena banyakknya aktivitas saling bully antar teman. Mulai dari hal-hal yang sepele yaitu saling ejek yang bisa berakhir dengan pertengkaran bahkan permusuhan. Jika dibiarkan hal ini bisa bedampak sangat luas bahkan bisa memecah belah persatuan. Atas dasar itu SD Banyuripan pada tanggal 11 November bertepatan dengan peringatan upacara Hari Pahlawan, berkerjasama dengan Bhabinkamtibmas Desa Bangunjiwo membuat Deklarasi Anti Bully.

Kegiatan diawali dengan upacara bendera Peringatan Hari Pahlawan dengan bapak AIPDA Rista F dari Bhabinkamtibnas Desa Bangunjiwo sebagai Pembina upacara. Dilanjutkan dengan diskusi dengan siswa tentang apa itu Bullying (perundungan), jenis-jenisnya serta dampaknya bagi korban serta pelaku. Siswapun membuat kesepakatan tentang sanksi apa saja yang harus diterima oleh pelaku perundungan. Setelah itu, dengan di pandu bu Heni Dwi Lestari seluruh siswa sambil bergandengan tangan mengucapakan ikrar Deklarasi Anti Bully, yang dilanjutkan dengan saling berjabat tangan dan meminta maaf.

Ini adalah bagian dari tindak lanjut dan refleksi dari kegiatan Sehari Belajar di Luar Kelas, yang dilaksanakan di Rutan Kelas IIb Bantul (Kamis, 07 Oktober 2019). Dengan adanya deklarasi ini diharapkan angka perundungan di SD Banyuripan akan berkurang bahkan hilang. Hal ini dilakukan demi terciptanya suasana sekolah yang saling menghargai, saling menghormati demi  tercipta ekosistem yang menyenangkan, sehingga proses belajar mengajarpun akan berlangsung lebih kondusif.

Komentar atas Putus Mata Rantai Perundungan dengan Deklarasi Anti Bully di SD Banyuripan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Desa Wisata Bangunjiwo

INFOGRAFIS APBKAL TA 2024

LAPORAN REALISASI APBKal TA 2023

Profil Desa Wisata Bangunjiwo Paradise Of Culture

Data Jumlah Penduduk Bangunjiwo

Album Peta Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kapanewon Kasihan

GIS BANGUNJIWO

Profil Desa Wisata Kajigelem

APLIKASI ANDROID

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 11.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Kalurahan

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License