Perpustakaan Desa Bangunjiwo bekerjasama dengan SD Banyuripan selenggarakan Bincang Literasi

Administrator 11 Oktober 2019 10:08:42 WIB

Tepat pada bulan Oktober atau yang sering disebut sebagai Bulan Bahasa, pada hari Kamis 10 Oktober 2019 SD Banyuripan bekerjasama dengan Perpustakaan Desa bangunjiwo, meluncurkan buku kumpulan essai guru yang berjudul “Cerita Siswa Yang Gemar Mengumpulkan Daun-Daun”.  Kegiatan tersebut dibuka oleh Lurah Desa Bangunjiwo, ibu Hj Wiji Harini, S. Sos, MM.  Buku  karya guru-guru di wilayah kecamatan Kasihan dan sekitarnya tersebut, di luncurkan dihadapan guru-guru sekecamatan Kasihan yang bertempat di  Aula Balai Desa Kelurahan Bagunjiwo oleh Juwanta, S.Pd selaku kepala SD Banyuripan. Buku tersebut di edit dan diterbitkan oleh Gorga Pinuluk yang selama ini telah berkerjasama dengan SD Banyuripan dalam kegiatan literasi.

Selain peluncuran dan bedah buku, kegiatan juga diisi dengan Gelar Wicara yang bertema “Peran Sekolah Dalam Menciptakan Generasi Literat Era Revolusi Industri 4.0”, dengan narasumber Juwanta, S.Pd (Kepala Sekolah, Penulis Gerguritan), Maya Lestari GF (Penulis, Pegiat Literasi Anak dan Keluarga)  dan Asril Novian (Penulis dan Pegiat Pendidikan) Alifi dengan moderator Alfiandana yang merupakan salah satu Kru Sahabat Gorga. Dalam diskusi tersebut juga dibahas apa itu makna litersai serta  bagaimana peran literasi dalam proses pembelajaran di sekolah, yang bermuara pada materi High Order Thinking Skill (HOTS) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Kemampuan siswa untuk berpikir tingkat tinggi ditentukan dengan kemampuan literasi, karena jika kemampuan literasi anak sudah matang, maka secara otomatis mereka mampu berrpikir level HOTS. Jadi literasi sebenarnya merupakan pondasi atau akar dalam pendidikan yang tidak bisa dipisahkan dalam proses pembelajaran. Karena literasi akan membentuk pola pikir yang kemudian membentuk karakter dan berakhir pada aksi atau perilaku.

Komentar atas Perpustakaan Desa Bangunjiwo bekerjasama dengan SD Banyuripan selenggarakan Bincang Literasi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Desa Wisata Bangunjiwo

INFOGRAFIS APBKAL TA 2024

LAPORAN REALISASI APBKal TA 2023

Profil Desa Wisata Bangunjiwo Paradise Of Culture

Data Jumlah Penduduk Bangunjiwo

Album Peta Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kapanewon Kasihan

GIS BANGUNJIWO

Profil Desa Wisata Kajigelem

APLIKASI ANDROID

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 11.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Kalurahan

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License