Tingkatkan Kapasitas Anggotanya BPD Desa Bangunjiwo hadirkan narasumber Kepala KPPN Watampone

Administrator 26 Agustus 2019 07:55:12 WIB

Bertempat di Ruang Dukuh Balai Desa Bangunjiwo, Badan Perwakilan Desa (BPD) Desa Bangunjiwo mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas bagi anggotanya pada hari Ahad malam (25/08/2019). Acara dibuka oleh Ketua BPD Desa Banguniwo, Sihono,S.Pd. Dalam sambutannya disampaikan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan bagian yang penting dalam suatu organisasi, sehingga peningkatan kapasitas SDM menjadi suatu kebutuhan untuk pencapaiannya  tujuan yang telah digariskan. Harapannya, melalui acara ini, anggota BPD memiliki wawasan yang menunjang pelaksanaan tugas sebagai mitra Pemerintah Desa Bangunjiwo.

Sementara itu, narasumber dari tokoh masyarakat Dukuh V Salakan  yang merupakan Kepala KPPN Kota Watampone, Bone, Sulawesi Selatan, Rintok Juhirman dalam paparannya menyampaikan tema Penyaluran Dana Desa (DD) Tahun 2019 versi Kementerian Keuangan. Tema ini sangat menarik bagi para peserta, karena disampaikan berbagiai regulasi terkini dalam penyaluran Dana Desa. Tahapan penyaluran DD beserta persyaratan yang harus dilengkapi baik oleh Pemerintah Daerah maupun oleh Pemerintah Desa mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 193/PMK.07/2018 dibahas secara lebih detil.

Pada kesempatan tersebut disampaikan pula bahwa Pemerintah Desa beserta BPD dapat mengawal DD agar berjalan sesuai tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) dengan senantiasa berpedoman kepada peraturan yang ada seperti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Dana Desa dan aturan lainnya. Ditekankan, setiap rupiah yang dibelanjakan dari DD harus dapat dipertanggungjawabkan dengan prinsip 3 T yaitu, Tepat Orang, Tepat Jumlah dan Tepat Waktu.

Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan diskusi oleh para peserta seputar permasalahan dalam pelaksanaan DD di lapangan dan dilanjutkan rapat pembahasan rencana kerja BPD oleh Purnomo serta laporan kegiatan musyawarah BPD tingkat kabupaten oleh Riyanto, SE.MSi.

Komentar atas Tingkatkan Kapasitas Anggotanya BPD Desa Bangunjiwo hadirkan narasumber Kepala KPPN Watampone

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Desa Wisata Bangunjiwo

INFOGRAFIS APBKAL TA 2024

LAPORAN REALISASI APBKal TA 2023

Profil Desa Wisata Bangunjiwo Paradise Of Culture

Data Jumlah Penduduk Bangunjiwo

Album Peta Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kapanewon Kasihan

GIS BANGUNJIWO

Profil Desa Wisata Kajigelem

APLIKASI ANDROID

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 11.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Kalurahan

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License