Penggunaan pembungkus daging kurban dengan berbahan alami di Bangunjiwo meningkat

Administrator 12 Agustus 2019 08:00:46 WIB

BangunjiwoNews; Kesadaran warga Desa Bangunjiwo menggunakan pembungkus yang ramah lingkungan dalam pembagian daging kurban di Hari Raya Idul Adha 2019 ini meningkat. Masyarakat sudah mulaui meninggalkan penggunaan pembungkus plastic dan mulai digantikan menggunakan daun maupun pembungkus dari bahan dasar bambu hingga daun jati.

Hal ini sesuai dengan himbauan dari Pemerintah Kabupaten Bantul untuk menggunakan pembungkus daging kurban dari nonplastik.

Seperti halnya yang dilakukan jamaah Masjid Abidin Pedukuhan Gendeng, Masjid Sajidin Pedukuhan Kenalan. Masyarakat menggunakan pembungkus daging kurban dari kreneng/anyaman bamboo, sarang (anyaman daun kelapa), daun jati dan juga mengunakan besek.

"Kita tahu masalah sampah plastik itu jadi masalah tak cuma di kampung tapi negara juga. Kita ingin menggunakan contoh. Bagaimana kalau kita menggunakan besek, sarana yang ramah lingkungan," kata salah satu anggota Risma Masjid Sajidin.

"Sebelumnya kami pakai plastik untuk membagikan daging kurban. Setelah mikir plastik selama ini jadi masalah, kami putuskan pakai pembungkus yang lebih ramah lingkungan," ujar Rujiman.

Anggaran untuk membeli besek memang lebih mahal daripada plastik. Namun, penambahan anggaran itu tidak menjadi masalah dibanding dampak yang ditimbulkan dari sampah plastik. Apalagi, plastik yang digunakan membagikan daging kurban biasanya untuk sekali pakai.

 

Komentar atas Penggunaan pembungkus daging kurban dengan berbahan alami di Bangunjiwo meningkat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Desa Wisata Bangunjiwo

INFOGRAFIS APBKAL TA 2024

LAPORAN REALISASI APBKal TA 2023

Profil Desa Wisata Bangunjiwo Paradise Of Culture

Data Jumlah Penduduk Bangunjiwo

Album Peta Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kapanewon Kasihan

GIS BANGUNJIWO

Profil Desa Wisata Kajigelem

APLIKASI ANDROID

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 11.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Kalurahan

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License