Desa Bangunjwo siap perangi stunting

Administrator 24 Juni 2019 07:59:19 WIB

BangunjiwoNews ; Stunting adalah gagalnya seseorang mencapai potensi pertumbuhannya – disebabkan oleh malnutrisi kronis dan sakit berulang saat masih anak-anak. Kondisi ini dapat secara permanen membatasi kapasitas fisik dan kognitif anak-anak, dan menyebabkan kerusakan seumur hidup. Hampir seperempat balita di seluruh dunia mengalami stunting.

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, 37% anak berumur di bawah lima tahun di Indonesia, atau hampir sembilan juta anak, mengalami stunting. Isu penting ini sekarang menjadi prioritas pemerintah untuk memerangi stunting di Indonesia. Komitmen nasional tersebut akan memerlukan kerjasama lebih kuat di antara para pemangku kepentingan.

Desa sebagai bagian dari pemerintah NKRI yang paling bawah menjadi bagian penting dalam upaya penanganan stunting terlebih dengan adanya Dana Desa yang cukup besar telah mengalir ke desa – desa. Kabupaten Bantul yang merupakan salah satu kabupaten prioritas saat ini tengah mengupayakan percepatan kegitan konvergensi stunting.

Salah satu bagian penting dari program stunting pemerintah adalah proyek rintisan Kader Pembangunan Manusia (KPM yang bertugas memastikan intervensi untuk mengatasi stunting. Para kader ini akan membantu mengidentifikasi keterbatasan layanan dan mendorong masyarakat untuk lebih banyak menggunakan layanan-layanan kesehatan yang baik.

Desa Bangunjiwo sendiri telah memiliki KPM yakni Sri Dasih yang merupakan seorang Pekerja Sosial Masyarakat (PSM). Dalam rangka menyatukan visi dan langkah – langkah konvergensi stunting KPM dan Pemerintah Desa Bangunjiwo mendapatkan pelatihan Inovasi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) bersama desa – desa yang tergabung dalam cluster Bantul Barat selama dua hari di Hotel Ros In, Yogyakarta.(22 – 23/06/2019).

Pelatihan diikuti oleh Kaur TU dan Umum Desa Bangunjiwo, KPM, Perwakilan Karang Taruna dan Pendamping Desa. (Mg-Bjw)

Komentar atas Desa Bangunjwo siap perangi stunting

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Desa Wisata Bangunjiwo

INFOGRAFIS APBKAL TA 2024

LAPORAN REALISASI APBKal TA 2023

Profil Desa Wisata Bangunjiwo Paradise Of Culture

Data Jumlah Penduduk Bangunjiwo

Album Peta Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kapanewon Kasihan

GIS BANGUNJIWO

Profil Desa Wisata Kajigelem

APLIKASI ANDROID

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 11.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Kalurahan

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License