Pengajian Jumat Pagi di Desa Bangunjiwo

Administrator 31 Mei 2019 13:56:11 WIB

BangunjiwoNews_ Pemerintah Desa Bangunjiwo hari ini menggelar kegiatan Pengajian Jumat Pagi bersama dengan Kecamatan Kasihan. (31/05) . Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap jumat pagi selama bulan ramadhan yang pelaksanaannya bergiliran empat desa seKecamatan Kasihan. Hadir dalam acara ini Camat Kasihan beerta jajaran Forkompincam Kasihan, Lurah Desa se Kecamatan Kasihan beserta segenap pamong desa, guru honorer PAUD dan TK Desa Bangunjiwo serta lembaga desa.

Pengajian diisi oleh oleh Ustadz  KH Muhtarom Busryo, S.Ag., M.Si. Dalam ceramahnya disampaikan tentang ibadah haji. Ibadah Haji adalah rukun islam yang ke lima, maka dari itu seminimal mungkin adalah niat untuk haji. Karena niat saja tidak cukup maka harus menabung. Ada beberapa jenis ibadah haji diantaranya haji nisab, haji nasab, dan haji nasib.

Haji nisab maksudnya jika sudah mencapai bilangan hartanya atau dengan kata lain dikatakan mampu. Mampu di sini berarti bahwa harta yang dimiliki dapat mencukupi kebutuhan sandang, pangan, dan papan sehari-hari. Ibarat orang yang sudah wajib berzakat karena hartanya sudah sampai nisabnya. Orang-orang yang sudah memiliki kemampuan harta dan didukung oleh kemampuan fisik yang sehat dan mental juga, maka bagi orang seperti ini wajib berangkat haji. Tidak boleh ditunda-tunda lagi pergi hajinya. Jika tidak juga mau menunaikan ibadah haji, dia akan berdosa karena sama saja dia terlalu menikmati keduniaan dan melupakan urusan dengan tuhannya.

Selanjutya adalah haji nasab yaitu karena faktor keturunan. Bisa saja kita memiliki keturunan yang kaya raya dan akhirnya kita bisa ikut ibadah haji. Atau, sebagai contoh yang lain, seorang pria yang pas-pasan menikah dengan wanita yang kaya raya, dan akhirnya bisa berangkat haji.

Yang terakhir adalah haji nasib. Haji ini juga bisa disebut sebagai haji rezeki nomplok, di mana memang benar bahwa rezeki dari Allah tidak dapat ditebak karena datangnya secara tiba-tiba dan tidak terduga. Contohnya, seorang pembantu diajak berhaji oleh majikannya yang sangat kaya raya. (Mg_Bjw)

Komentar atas Pengajian Jumat Pagi di Desa Bangunjiwo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Desa Wisata Bangunjiwo

INFOGRAFIS APBKAL TA 2024

LAPORAN REALISASI APBKal TA 2023

Profil Desa Wisata Bangunjiwo Paradise Of Culture

Data Jumlah Penduduk Bangunjiwo

Album Peta Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kapanewon Kasihan

GIS BANGUNJIWO

Profil Desa Wisata Kajigelem

APLIKASI ANDROID

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 11.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Kalurahan

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License