Patung Batu Lemahdadi

Administrator 30 Mei 2015 21:59:41 WIB

Lemahdadi

KERAJINAN PATUNG BATU LEMAHDADI

Selamat Datang di Sentra Kerajinan Patung Lemahdadi. Disini anda dapat menemukan beragam bentuk patung batu, khususnya patung buddha yang merupakan model andalan para pengrajin. Disamping itu, anda juga dapat melihat beragam jenis air mancur, yang juga terbuat dari batu. Sentra yang terletak di sisi Barat Desa Bangunjiwo ini menawarkan wisata kerajinan yang menarik, dimana kita dapat langsung melihat keseluruhan proses produksi patung di dalam workshop-workshop milik para pengrajin yang terletak di pinggir jalan.Untuk kualitas & pemasaran, jangan diragukan. Patung Batu Lemahdadi telah dikenal luas oleh pecinta seni patung, dan telah diekspor hingga ke mancanegara.

Nama UKM          : Sentra Kerajinan Patung Lemahdadi

Produk                  : Patung Batu (pahat & cetak), air mancur & relief

Lokasi                    : Dusun Lemahdadi

Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul

D.I.Yogyakarta

Contact                   : Bpk. Wiyono (Kepala Dusun Lemahdadi)

0857 2959 4934 

ASAL USUL

Sebagaimana dituturkan oleh Bapak Wiyono, yang tak lain adalah kepala dukuh Lemahdadi, awal mula terciptanya industri kerajinan Patung Batu di Lemahdadi tidak bisa lepas dari peran penting para pelopor-nya. Mereka adalah Bapak Sugiman dan Bapak Budi Mulyono. Bapak Sugiman adalah penduduk asli dusun Lemahdadi, sedangkan Bapak Budi adalah pendatang yang sudah lama hidup di dusun tersebut.Kedua orang ini dapat dikatakan sebagai para pendiri Kerajinan Patung Batu dan juga yang paling awal membangun tempat produksi / bengkel seni Patung Batu di Lemahdadi.

Dahulu, Bapak Sugiman & Budi Mulyono adalah buruh pengrajin patung batu di daerah Muntilan, Magelang. Perlu diketahui bahwa daerah Muntilan juga merupakan Sentra Kerajinan Patung Batu yang sudah lebih dahulu berkembang dan terkenal. Di tempat inilah, sembari mereka bekerja, mereka juga sedikit demi sedikit mempelajari seluk beluk kerajinan ini, mulai dari pemilihan bahan baku, proses pembuatan patung, hingga teknik pemasaran dan manajemen.

Dan ketika dirasa sudah cukup memiliki bekal, beberapa tahun sebelum krisis moneter melanda republik, sekitar tahun 1995, mereka berdua mencoba untuk mendirikan produksi patung batu sendiri di kampung tempat mereka tinggal, yaitu Lemahdadi. Bapak Sugiman kemudian mendirikan usaha dengan nama Sanggar Budaya, sedangkan Bapak Budi Mulyono mendirikan Fajar Stone.

Kedua bengkel seni inilah yang menjadi awal berdirinya Sentra Kerajinan Patung Batu di Dusun Lemahdadi ini.

PRODUK UNGGULAN

Di Sentra Kerajinan Patung Lemahdadi, Patung Buddha adalah patung yang paling banyak dipesan para pembeli. Oleh karena itu, lazim kita temui patung buddha dalam berbagai macam bentuk, seperti buddha bertapa, buddha tidur,dan pose-pose lain. Ukurannya pun beraneka ragam. Mulai dari yang paling kecil, seukuran tangan manusia, sampai yang tingginya hampir sama dengan atap rumah.

Itu baru dilihat dari segi bentuk & ukuran. Masih ada satu aspek lagi yang perlu anda cermati, yaitu finishing. Terdapat belasan jenis sentuhan akhir yang makin memanjakan pilihan anda. Mulai dari warna hitam,yang paling banyak digunakan. Kemudian ada warna batu alam, warna kuning emas, putih, dan masih banyak pilihan warna lainnya.

Patung buddha, patung favorit para pembeli

Faktor lain yang menyebabkan patung buddha begitu poluper adalah dari sisi historis, keberadaan Sentra Kerajinan Patung Lemahdadi tak bisa dipisahkan dari daerah Muntilan, Magelang. Di daerah tersebut terdapat Sentra Kerajinan Patung yang berdiri jauh lebih dulu daripada Lemahdadi. Dan di Muntilan, patung yang paling banyak dibuat adalah patung buddha. Perlu diketahui bahwa Muntilan dekat dengan candi buddha terbesar di Indonesia, yaitu Candi Borobudur.

Dalam perkembangannya, tentu bukan hanya patung buddha maupun patung tokoh pewayangan kuno saja yang diproduksi di Sentra Kerajinan Patung Lemahdadi ini. Terdapat model-model patung yang mulai mengikuti permintaan pasar & perkembangan zaman.


 PRODUK LAIN

Selain memproduksi beragam bentuk patung dari batu, para pengrajin  juga membuat aneka ragam air mancur dan relief yang juga terbuat dari batu.

PEMASARAN

Saat ini, berdasarkan Pendataan Industri Kecil dan Menengah yang dibuat awal tahun 2012, terdapat  8 Pengrajin Patung Batu yang telah mampu menyerap ratusan pekerja, baik dari dalam dusun Lemahdadi maupun dari dusun sekitarnya, seperti Salakan dan Kenalan. Dalam satu bulan, para pengrajin patung batu di Lemahdadi rata – rata mampu mengeksport 8 sampai 9 kontainer kepasar  dalam negeri (Solo, Bali) dan luar negeri (Eropa , Australia , Amerika , Timteng)

HARGA

Soal harga, setiap pengrajin memiliki standar harga sendiri-sendiri, sehingga kami tidak mungkin menuliskannya di halaman ini. Tentunya untuk menjaga independensi Desa Wisata Bangunjiwo ini, agar tidak dianggap menguntungkan salah satu pengrajin.

PROSES PRODUKSI

Patung Batu yang dibuat para pengrajin di dusun ini menggunakan 2 cara, yaitu dicetak dan ditatah. Patung yang ditatah tentu harga nya lebih mahal daripada patung yang dicetak, karena proses pembuatannya yang sulit dan membutuhkan waktu lebih lama, serta bahan bakunya yang lebih mahal.Sedangkan patung cetak yang berbahan baku semen dan pasir bernilai lebih murah karena lebih mudah dan cepat dibuat.

Berikut beberapa foto proses produksi yang kami ambil dari pabrik salah satu Pelopor Kerajinan Patung Batu di Lemahdadi.

Habis Dicetak

Dihaluskan dengan gerinda

Dapat pula menggunakan amplas   

Pengecatan

Pencucian

Packing

Siap Kirim

LOKASI

Patung Batu. Jika anda ingin mencari pengrajin patung batu di daerah Bangunjiwo, maka anda pasti akan diarahkan untuk mencarinya di dusun Lemahdadi. Ya, disinilah letak Sentra Kerajinan Patung Batu berada. Tidaklah susah untuk menuju ke sentra kerajinan yang satu ini. Letaknya berada di bagian barat dari Desa Bangunjiwo. Dari perempatan Balai Desa Bangunjiwo, ambil jalan ke utara, sekitar 500 meter sampai anda menemukan simpang tiga Tugu Lilin.

Dari situ, belok ke kiri / arah barat. Jalan akan mulai menanjak ketika itu. Sekitar 1 kilometer kemudian, anda akan disambut oleh patung relief ukuran sedang dengan bingkai berwarna biru, bertuliskan SENTRA KERAJINAN LEMAHDADI. Untuk menuju ke lokasi kerajinan, ambil jalan ke kiri. Anda akan melewati sungai dengan jembatan kecil. Tak jauh dari situ, anda akan langsung menjumpai workshop dan showroom milik para pengrajin.

DATA PENGRAJIN

Berikut daftar Pengrajin Patung Batu di Dusun Lemahdadi & sekitarnya:

No

Nama

Nomor  Telepon

Pedukuhan

RT

Jumlah

Tenaga Kerja

Keterangan

1

 Sugeng

085743311156

 Bibis

2

2

 

2

 Sugiman

081328147777

 Lemahdadi

3

80

Sanggar Budaya

3

 Budi Mulyono

082138215344

 Lemahdadi

3

40

Fajar Stone

4

 Ponijo

081328068550

 Lemahdadi

3

60

Fia Trasso

5

 Suranto

 

 Lemahdadi

3

40

 

6

 Sugito

08562873359

 Lemahdadi

3

40

 

7

 Suwandi

 

 Lemahdadi

3

30

Gurat Asri

8

 Sarjiman

085643758230

 Lemahdadi

3

2

 

9

 Edi sud

085643946750

 Lemahdadi

6

3

 

10

 Ngadiran

 

 Sambikerep

1

1

 

11

 Hardiyanto

083840271644

 Sribitan

1

3

 

 

 

Komentar atas Patung Batu Lemahdadi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

INFOGRAFIS APBKAL TA 2024

LAPORAN REALISASI APBKal TA 2023

Profil Desa Wisata Bangunjiwo Paradise Of Culture

Data Jumlah Penduduk Bangunjiwo

Album Peta Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kapanewon Kasihan

GIS BANGUNJIWO

Profil Desa Wisata Kajigelem

APLIKASI ANDROID

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 11.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Kalurahan

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License