Krida Siswa : Gladi Gangsa dan Anjang Sendang

@Her5wan 26 September 2024 13:25:29 WIB

Selasa, 24 September 2024 SD Negeri Banyuripan menyambut kedatangan dari SMA Tzu Chi Jakarta. Kunjungan SMA Tzu Chi ini merupakan rangkaian kegiatan Field Trip, berdonasi serta belajar budaya. Siswa – siswi SD Negeri Banyuripan menyambut kedatangan dari SMA Tzu Chi dengan mengajak mereka menari “Tari Dolanan Anak”. Tarian itu berupa Tari Cahdolan, Tari Padhang Bulan serta diakhiri dengan Dolanan Lepetan.

Hery Purnama selaku Kepala Sekolah SD Negeri Banyuripan memeberikan sambutan sebagai bentuk ucapan selamat datang di SD Negeri Banyuripan. Lebih lanjut Hery Purnomo menyampaikan “Trian Dolanan Anak yang telah lakukan tadi merupakan kegiatan permaianan tradisional yang sering kami lakukan sebagai tempat untuk mengolah rasa serta melestarikan budaya. Karena lingkungan SD Banyuripan di pedesaan dan  menanamkan cinta budaya haruslah dimulai sejak dini, maka menari dan melakukan kegiatan dolanan menjadi salah satu cara yang di lakukan di SD Negeri Banyurapan dalam mengolah raga dan karsa para siswanya”.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan Selma di SD Negeri Banyuripan terdiri dari ; menari bersama (Tari Dolanan Tradisional), Belajar Gamelas dan Anjang Sendang. Kegiatan belajar budaya dengan bermaian gamelan dilaksanakan di rumah Ketua Komite Sekolah Bapak Marjuki. Kegiatan Anjang Sendang dilakukan di Sumber Mata Air terdekat yaitu di Sendang Pangkah yang terletak di Pedukuhan Kenalan Bangunjiwo.

Anjang Sendang merupakan kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk mencintai budaya dan menjaga lingkungan. Kegiatan diawali dengan mendoakan air yang diambil dari sendang yang kemudian akan digunakan untuk menyiram tanaman disekitar sendang. Kegiatan dilanjutkan dengan menanam biji di sekitar sendang sebagai bentuk tanggung jawab dalam menjaga debit air sendang agar tidak akan mengering. Pelepasan satwa endemik juga menjadi bentuk upaya melestarikan satwa di sekitar supaya tidak punah. Kegiatan diakhiri dengan bersih bersih sendang sebagai upaya merawat sendang yang menjadi simbol sumber air suoaya tetap terjaga dan melimpah untuk kehidupan.

Ayatullah Mohammad Reza selaku perwakilan dari SMA Tzu Chi menyampaikan “ Terima Kasih atas sambutan yang luar biasa dari SD Negeri Banyuripan, terima kasih sudah memperkenalkan dolanan anak serta, gamelan serta mengajak kami untuk melestarikan air dengan kegiatan Anjang Sendang pada kami. Ini menjadi pengalaman pertama dan sangat berharga bagi kami”

 

Komentar atas Krida Siswa : Gladi Gangsa dan Anjang Sendang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Desa Wisata Bangunjiwo

INFOGRAFIS APBKAL TA 2024

LAPORAN REALISASI APBKal TA 2023

Profil Desa Wisata Bangunjiwo Paradise Of Culture

Data Jumlah Penduduk Bangunjiwo

Album Peta Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kapanewon Kasihan

GIS BANGUNJIWO

Profil Desa Wisata Kajigelem

APLIKASI ANDROID

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 11.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Kalurahan

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License