Monumen Bibis, Saksi Strategi Letkol Soeharto dalam Serangan Umum 1 Maret 1949

@mgr 17 Juli 2022 20:08:15 WIB

Monumen Bibis, Saksi Strategi Letkol Soeharto dalam Serangan Umum 1 Maret 1949

Gambar dengan drawing pen di atas kertas A3.
Hitam putih dengan sentuhan arsiran.


Bangunan/rumah adat Jawa berbentuk limasan inilah yang digunakan sebagai tempat tinggal sementara & markas Letkol Soeharto sebagai Komandan Brigade X divisi III/Wehrkreise III beserta pasukannya dalam mengatur strategi gerilya melawan tentara Belanda dalam mempertahankan Yogyakarta sebagai ibu kota negara, sekaligus menunjukkan kepada dunia bahwa Republik Indonesia masih ada (dikenal sebagai Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949). Awal mula bangunan ini didirikan oleh Nyai Trunomenggolo dan saat masa perang pasca kemerdekaan dimiliki Dukuh Bibis bernama Harjowiyadi.

Selama mengikuti pelajaran sejarah, informasi mengenai Monumen Bibis sangatlah minim, banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan bangunan bersejarah yang berkaitan erat dengan Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta ini.

Padahal rentetan peristiwa bersejarah yang besar pasca kemerdekaan tersebut telah ditetapkan sebagai peringatan hari besar nasional oleh Pemerintah Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara.

Oleh karena itu saya tergerak untuk memilih Monumen Bibis sebagai objek yang digambar sebagai bagian dari upaya untuk memperkenalkan kepada masyarakat Indonesia bahwa Bantul juga menjadi bagian perjalanan penting sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Monumen Bibis yang memiliki nilai sangat penting dalam perjalanan sejarah Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu dilestarikan dan lebih dipromosikan sebagai wisata sejarah agar lebih dikenal masyarakat luas khususnya generasi muda di dalam memahami sejarah bangsa Indonesia melalui wahana pendidikan untuk memperkuat jati diri bangsa.


? Dusun Bibis, Kalurahan Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2022

Komentar atas Monumen Bibis, Saksi Strategi Letkol Soeharto dalam Serangan Umum 1 Maret 1949

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

INFOGRAFIS APBKAL TA 2024

LAPORAN REALISASI APBKal TA 2023

Profil Desa Wisata Bangunjiwo Paradise Of Culture

Data Jumlah Penduduk Bangunjiwo

Album Peta Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kapanewon Kasihan

GIS BANGUNJIWO

Profil Desa Wisata Kajigelem

APLIKASI ANDROID

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 11.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Kalurahan

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License