Desa Prima Gayatri Bangunjiwo selenggarakan Pelatihan Pembuatan Bumbu berbahan Kaldu Tempe

@mgr 20 Juli 2022 13:52:46 WIB

Kaldu, umumnya dibuat dari daging sapi ayam atau ikan. Namun, ada juga bahan lainnya yang memiliki rasa gurih alami, yang juga bisa dijadikan kaldu. Selain mudah membuatnya, kaldu tempe busuk diyakini lebih gurih dan sehat.
Tempe busuk atau tempe semangit, bisa diolah kembali menjadi bahan makanan lainnya dan banyak manfaatnya. Salah satunya kaldu atau penyedap rasa.
Desa Prima Gayatri Bangunjiwo mulai hari ini Rabu 20 Juli 2022 menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Kaldu Tempe sebagai Penyedap Rasa Alami.
Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari yakni tanggal 20 dan 21 Juli 2022 dengan didanai melalui BKK Dana Keistimewaan Desa Mandiri Budaya Kalurahan Bangunjiwo TA 2022.
Narasumber kegiatan ini yaitu Ibu Filiana beserta tim dari Rumijo Eco Indonesia.
Setelah pelatihan ini diharapkan ibu-ibu yang tergabung dalam Desa Prima Gayatri dapat menjadi pioner sekaligus mengkampanyekan penggunaan bumbu penyedap alami dari kaldu tempe sehingga penggunaan MSG dapat dikurangi.
MSG atau monosodium glutamat saat ini seakan menjadi salah satu jenis bumbu masakan yang tidak bisa dipisahkan dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Padahal sebenarnya MSG adalah bahan kimia temuan yang bertujuan untuk mendukung rasa masakan. MSG sendiri menjadi marak untuk ditemukan di dalam makanan olahan.
Karena MSG adalah bahan kimia, maka mengonsumsinya terlalu banyak bisa menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan. Beberapa dampak buruk penggunaan MSG bagi kesehatan diantaranya sakit kepala, mempengaruhi saraf, mengakibatkan masalah jantung, dan berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi.
Pelatihan diikuti oleh anggota Desa Prima Gayatri Bangunjiwo dan anggota PKK Kalurahan Bangunjiwo.

Komentar atas Desa Prima Gayatri Bangunjiwo selenggarakan Pelatihan Pembuatan Bumbu berbahan Kaldu Tempe

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Profil Desa Wisata Bangunjiwo Paradise Of Culture

INFOGRAFIK REALISASI APBKAL BANGUNJIWO TA 2021

Album Peta Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) Kapanewon Kasihan

OPENDATA APBKAL BANGUNJIWO

GIS BANGUNJIWO

Profil Desa Wisata Kajigelem

INFOGRAFIK APBKal Bangunjiwo 2022

IG Kalurahan Bangunjiwo

APLIKASI ANDROID

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 11.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Desa

Persyaratan Pengantar Akte

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License