Kelompok Tani Manunggal Karyo Petung mendapat pelatihan budidaya tanaman garut dari BKPP DIY

Admin Desa 10 September 2019 12:49:44 WIB

Desa Bangunjiwo merupakan kawasan pedesaan yang mempunyai bahan pangan lokal yang spesifik. Hingga saat ini sebagian besar masyarakat belum peduli terhadap bahan pangan lokal yang sebenarnya mempunyai keunggulan kompetitif dan komparatif. Masyarakat lebih senang beras dan terigu daripada sumber karbohidrat lain seperti ketela pohon, sagu, dan jagung serta lebih suka makanan impor daripada makanan lokal. Sebenarnya pangan lokal mempunyai berbagai keunggulan dibandingkan non lokal, misalnya harga murah, tidak tergantung impor, bahan baku, tersedia dengan mudah, transpor murah, teknologi tersedia, dan tahu persis terhadap kharakteristik pangan lokal tersebut. Yang dibutuhkan adalah komitmen untuk mengembangkan pangan lokal untuk dapat bersaing dengan produk pangan sejenis.

 

Dalam kegiatan pengembangan pangan lokal di desa, BKPP DIY melaksanakan pelatihan budidaya tanama garut pada Kelompok Tani Manunggal Karyo Pedukuhan Petung (Selasa, 10/09). Kegiatan semacam ini sangat diminati oleh kelompok-kelompok tani yang ada, karena sangat dirasakan manfaatnya sehingga besar harapan para petani untuk diadakan kegiatan serupa di tahun mendatang. Selain itu diharapkan kelompok penerima kegiatan pengembangan pangan lokal ini lebih banyak di tahun mendatang, dengan tambahan kegiatan seperti pelatihan pengolahan hasil dan pengadaan alat pengolah hasil kepada kelompok tani penerima kegiatan. Sehingga pada akhirnya besar harapan agar pangan lokal di Desa Bangunjiwo dapat lebih berkembang dan diminati masyarakat sendiri. (Mg_Bjw)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Open Data For Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Kirab Budaya Merti Dusun Donotirto 2019

Upaca Adat Tradisi Wiwitan

APBDesa Bangunjiwo

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 12.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Desa

AUDIO GAMELAN

Lokasi Bangunjiwo

tampilkan dalam peta lebih besar