Penggunaan pembungkus daging kurban dengan berbahan alami di Bangunjiwo meningkat

Admin Desa 12 Agustus 2019 08:00:46 WIB

BangunjiwoNews; Kesadaran warga Desa Bangunjiwo menggunakan pembungkus yang ramah lingkungan dalam pembagian daging kurban di Hari Raya Idul Adha 2019 ini meningkat. Masyarakat sudah mulaui meninggalkan penggunaan pembungkus plastic dan mulai digantikan menggunakan daun maupun pembungkus dari bahan dasar bambu hingga daun jati.

Hal ini sesuai dengan himbauan dari Pemerintah Kabupaten Bantul untuk menggunakan pembungkus daging kurban dari nonplastik.

Seperti halnya yang dilakukan jamaah Masjid Abidin Pedukuhan Gendeng, Masjid Sajidin Pedukuhan Kenalan. Masyarakat menggunakan pembungkus daging kurban dari kreneng/anyaman bamboo, sarang (anyaman daun kelapa), daun jati dan juga mengunakan besek.

"Kita tahu masalah sampah plastik itu jadi masalah tak cuma di kampung tapi negara juga. Kita ingin menggunakan contoh. Bagaimana kalau kita menggunakan besek, sarana yang ramah lingkungan," kata salah satu anggota Risma Masjid Sajidin.

"Sebelumnya kami pakai plastik untuk membagikan daging kurban. Setelah mikir plastik selama ini jadi masalah, kami putuskan pakai pembungkus yang lebih ramah lingkungan," ujar Rujiman.

Anggaran untuk membeli besek memang lebih mahal daripada plastik. Namun, penambahan anggaran itu tidak menjadi masalah dibanding dampak yang ditimbulkan dari sampah plastik. Apalagi, plastik yang digunakan membagikan daging kurban biasanya untuk sekali pakai.

 

Komentar atas Penggunaan pembungkus daging kurban dengan berbahan alami di Bangunjiwo meningkat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

E- Lapor Bantul

E - Lapor Bantul

Open Data For Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Kirab Budaya Merti Dusun Donotirto 2019

Upaca Adat Tradisi Wiwitan

APBDesa Bangunjiwo

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 12.00 WIB||

Persyaratan Administrasi Desa

AUDIO GAMELAN

Lokasi Bangunjiwo

tampilkan dalam peta lebih besar