'Ngingu' Lele dan Bank Sampah Sebagai Salah Satu Kegiatan Usaha Produktif Angkatan Muda Salakan

21 Januari 2018 23:11:20 WIB

Minggu (21/01)  Karang Taruna Pedukuhan V Salakan atau yang lebih dikenal dengan Angkatan Muda Salakan (AMS) melakukan penyebaran bibit lele dan penjualan sampah sebagai salah satu usaha produktif yang dijalankan oleh AMS. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program usaha produktif yang dijalanlan oleh AMS,yaitu program 'ngingu lele' dan 'bank sampah'. Pada kegiatan usaha 'ngingu lele' tersebut AMS menerapkan sistem budidaya bioflok. Bududaya ikan dengan sistem bioflok adalah budidaya yang menggunakan media kolam terpal yang bisa meningkatkan produktivitas dan tidak membutuhkan lahan yang luas seperti kolam permanen konvensional. Untuk kegiatan kali ini, 500 bibit ikan lele disebar kekolam yang berukuran sekitar 3x3 m. Ini adalah kali kedua AMS melakukan penyebaran/pembudidayaan ikan lele. Untuk hasil panen pada periode pertama,sistem penjualannya dengan cara ditawarkan ke warga Pedukuhan Salakan sendiri. Untuk kedepannya selain dijual ke warga,juga diharapkan bisa disalurkan ke warung-warung 'pecel lelenan' ataupun rumah makan lainnya.

Selain itu,AMS juga menjalankan kegiatan usaha produktif bank sampah. Dengan cara 'muter' ke rumah-rumah  warga,pemuda AMS mengumpulkan sampah berupa botol bekas maupun barang bekas lainnya yang sekiranya tidak terpakai dan direlakan warga untuk disumbangkan ke bank sampah milik AMS. Untuk penjualan sendiri dilakukan sekitar 2-3 bulan sekali,tergantung banyaknya sampah yang sudah terkumpul dan dijual langsung ke pengepul sampah.

Dari keseluruhan kegiatan tersebut,hasil penjualan ikan lele dan bank sampah sebagai pemasukan khas AMS. Selain sebagai usaha produktif AMS, kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih  tanggung jawab, kekompakan, dan kedisiplinan dari setiap anggota AMS karena untuk memberi makan ikan lele dan pengumpulan sampah, dijalankan dengan sistem penjadwalan secara berkala. Sehingga setiap anggota AMS akan secara bergiliran untuk melakukan tugasnya tersebut.

Komentar atas 'Ngingu' Lele dan Bank Sampah Sebagai Salah Satu Kegiatan Usaha Produktif Angkatan Muda Salakan

Kurniawan 22 Januari 2018 12:43:36 WIB
Hidup Karang Taruna! Aditya Karya Mahatva Jodha!

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Persyaratan Administrasi Desa

Sambut Ramadhan 1439 H

Jadwal Samsat Keliling

APBDesa Bangunjiwo

AUDIO GAMELAN

Lokasi Bangunjiwo

tampilkan dalam peta lebih besar