Tatah Sungging Gendeng

Admin Desa 30 Mei 2015 21:48:50 WIB

Gendeng

SENTRA KERAJINAN TATAH SUNGGING GENDENG

Salah satu sentra kerajinan tertua di Bangunjiwo. Pernah mengalami masa kejayaan di era Presiden Soeharto. Dan seakan menghilang seiring runtuhnya orde baru. Akan tetapi, para pengrajin tetap berusaha mengembalikan masa keemasan tersebut. Dengan terus memelihara eksistensi Sentra Kerajinan Wayang Kulit Gendeng, dimana wayang kualitas terbaik dibuat.

Nama UKM : Sentra Kerajinan Tatah Sungging / Wayang Kulit Gendeng

Produk : Wayang Kulit

Lokasi : Dusun Gendeng,

Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul

D.I.Yogyakarta

Contact : Bpk. Sagio (0274) 413267

Bpk. Barno Surya MH. (0274) 7806955

Bpk. Suprihono (0274) 447656

 

ASAL-USUL

Gendeng sejak dahulu dikenal sebagai tempat penghasil wayang kulit dengan kualitas terbaik. Di sini terdapat puluhan pengrajin handal yang sampai sekarang tetap mempertahankan teknik membuat wayang kulit, terutama wayang kulit gaya Yogyakarta yang benar-benar berkualitas.

Secara singkat, wayang kulit mulai dibuat di Gendeng pada sekitar tahun 1929. Orang yang mempelopori pembuatan wayang kulit ini adalah (Alm.)Bpk Walijo atau Bpk. Atmo Sukarto. Walaupun bernama Atmo Sukarto, tetapi orang lebih mengenal beliau dengan nama Pak Pujo. Selain sebagai pembuat wayang kulit, beliau juga dikenal sebagai dalang, penari wayang wong dan pengrawit.

Kecintaannya pada kesenian wayang kulit membuat Pak Pujo mendirikan sanggar kesenian yang menjadi wadah bagi orang-orang sekitar untuk ikut belajar bagaimana membuat wayang kulit yang berkualitas. Dari sinilah nantinya murid-murid dari Pak Pujo mampu berkembang dan mendirikan tempat sendiri untuk memproduksi wayang kulit hingga membentuk lingkungan seni kerajinan yang kemudian dikenal sebagai Sentra Kerajinan Wayang Kulit Gendeng.

Dalam perkembangannya, kerajinan wayang kulit sempat berjaya di saat Presiden Soeharto berkuasa. Para pengrajin dapat dikatakan mampu hidup lebih dari cukup dari hasil membuat wayang. Bahkan bisa dibilang upah buruh pengrajin wayang masih lebih tinggi dari gaji guru pada waktu itu.

Faktor terpenting yang membuat wayang kulit bisa berjaya adalah, kala itu apresiasi dan dukungan pemerintah sangat besar . Seperti diikut sertakanya pengrajin wayang dalam pameran-pameran dimana para pengrajin tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun, kerena semuanya ditanggung oleh pemerintah. Presiden Soehatro sendiri adalah seorang pecinta kesenian wayang kulit, sehingga beliau juga ikut serta mengenalkan & mempromosikan wayang kulit di Gendeng ini.

PRODUK UNGGULAN

Produk unggulan dari Sentra Kerajinan Tatah Sungging Gendeng ini adalah wayang kulit. Lebih spesifik, wayang kulit dengan gaya Yogyakarta. Pengrajin wayang di dusun Gendeng mampu membuat karya yang benar-benar berkualitas. Bahkan sampai saat ini, masih ada beberapa pengrajin yang hanya mau menghasilkan wayang kulit berkualitas tinggi saja. Karena realita yang ada, sekarang orang cenderung tidak mengerti & tidak bisa membedakan mana wayang dengan kualitas yang baik dan yang buruk. Karena jika dilihat sekilas, bagi orang awam tentu memang susah untuk menilai kualitas suatu wayang kulit.

Sehingga kemudian banyak bermunculan wayang-wayang yang hanya diperuntukkan sebagai souvenir, dengan kualitas biasa atau rendah.   

Wayang yang dibuat Barno Surya MH. ini contohnya. Cenderung bercondong ke arah wayang seni, dengan kualitas tinggi. Beliau memang tidak menitik beratkan ke pembuatan souvenir atau semacamnya. Hal ini beliau sampaikan, karena menurutnya usaha wayang kulit tersebut tidak hanya melihat dari keuntungan hasil menjual saja, melainkan beliau menginginkan agar kelestarian wayang kulit khususnya di daerah Gendeng ini mempunyai kualias yang tidak bisa dianggap remeh. Beliau menjamin wayang kulit yang diproduksinya memiliki kualitas dan harga yang sepadan.

PEMASARAN

Pada masa kejayaannya, Wayang kulit buatan Gendeng mampu merambah pasar luar negeri. Di nusantara sendiri, khususnya daerah Yogya & sekitarnya, wayang kulit gendeng mendominasi pasaran.

Saat ini, wayang produksi Gendeng belum mampu mengulang kembali periode kejayaan semasa dulu. Akan tetapi, masih banyak orang yang mencari wayang di Sentra Kerajinan Gendeng ini. Kebanyakan adalah para kolektor seni, yang faham betul tentang kualitas wayang. Walau jumlah pembelinya belum sama banyaknya sepertu dahulu.

Juga, sekarang ini sangat jarang pengrajin wayang di dusun gendeng mengikuti pameran, khususnya pameran wayang dimana mereka dapat menunjukkan keunggulan produk buatannya. Karena dengan begitu, lantas orang akan tahu kelebihan dari wayang kulit produksi Gendeng.

HARGA

Sebuah wayang kulit dengan model & ukuran yang sama dapat memiliki harga yang berbeda. Dikarenakan wayang adalah benda seni, dan jika sudah bicara mengenai seni, maka harga sudah tidak bisa dijadikan parameter lagi. Apalagi di Sentra Kerajinan Gendeng yang notabene-ya sebagai penghasil wayang seni kualitas tinggi. Selain itu, setiap pengrajin pasti memiliki standar tarif sendiri-sendiri. Kualitas bahan baku & finishing juga termasuk faktor penentu mahal tidaknya harga suatu wayang.

Sebagai gambaran, satu buah wayang ukuran 50cm dapat dijual dengan tiga macam harga. Berdasarkan kualitasnya. Untuk kualitas terrendah, dijual dengan kisaran harga 200-300 ribu rupiah. Wayang jenis ini biasa dibeli oleh orang low budget atau orang yang lebih mementingkan harga dibanding kualitasnya.

Kemudian level kualitas sedang, dijual dengan kisaran harga 600-800 ribu rupiah. Wayang jenis ini banyak digunakan oleh para dhalang, khususnya dhalang yang belum mengutamakan kualitas wayang untuk dimainkan.

Untuk wayang dengan kualitas terbaik, harga nya bisa lebih dari 1 juta rupiah per unit. Bahkan ada yang mampu menjual dengan harga belasan hingga puluhan juta rupiah. Para kolektor & peminat seni yang benar-benar mencari wayang kualitas terbaik-lah pembelinya.

PROSES PRODUKSI

Perlu kami jelaskan lagi bahwa kami hanya menggambarkan secara singkat & (mungkin) tidak lengkap serta urut. Sehingga ini belum dapat dikatakan sebagai tutorial membuat wayang atau sejenisnya.

Wayang Kulit, sesuai dengan namanya, berbahan baku kulit. Kulit yang digunakan biasanya kulit kerbau. Para pengrajin di Gendeng biasa mengambil kulit-kulit tersebut di daerah Pleret, dan daerah-daerah lain di sekitar Bantul.

Hanya kulit berkualitas bagus yang dipakai untuk membuat wayang. Sisanya akan dijadikan produk olahan lain, semisal krecek atau kerupuk rambak.

Setelah mendapatkan kulit yang terbaik, pengrajin lalu akan merendamnya selama satu malam. Beberapa pengrajin memilih sungai sebagai media untuk merendam kulit. Setelah itu kulit lantas di angin-anginkan, bukan dijemur dibawah terik matahari. Proses pengangin-anginan ini bervariasi, tergantuk cuaca.

Kemudian kulit diamplas, agar halus. Kulit yang paling bagus untuk dipahat adalah bagian luar. Setelah itu, mulailah proses menatah /memahat.

Kulit yang sedang dijemur & siap untuk dikerok  

Proses mentatah kulit. Dibutuhkan konsentrasi tinggi untuk melakukannya

Kesabaran dan ketelitian adalah kunci untuk menghasilkan wayang terbaik

Tahap pemberian cat dasar, berwarna putih.

Pengecatan tahap akhir

Wayang untuk hiasan yang sedang dalam tahap finishing

LOKASI

Tidaklah susah untuk menemukan Sentra Kerajinan Tatah Sungging / Wayang Kulit Gendeng. Jika anda mengenal dimana letak Balai Desa Kelurahan Bangunjiwo, tentu anda langsung menjumpai Sentra Kerajinan ini. Karena balai desa Bangunjiwo terletak satu dusun dengan Sentra Wayang Kulit ini, yaitu Dusun Gendeng.

Anda bisa berjalan menyeberangi perempatan disamping balai desa, dan anda sudah langsung sampai di salah satu Galeri seni milik Bpk. Sagio. Letaknya tepat di sudut perempatan.  

Jika kurang puas, bolehlah berjalan ke arah timur /arah ke Kasongan. Di sepanjang jalan, anda akan menemukan lebih banyak lagi galeri-galeri seni milik warga.

 

Komentar atas Tatah Sungging Gendeng

Admin 27 April 2018 09:58:43 WIB
Untuk pembelian wayang bisa langsung kontak Paguyuban Pengrajin Wayang Ngudi Mulyo pak . . Cp. 0852-2855-0446 Marwanto
bakri 24 April 2018 09:25:36 WIB
kalau beli yang belum disungging boleh pak? bisa gak kalau beli secara onlain? mohon imformasinya. nuwun
Mugi Raharjo 04 April 2017 10:35:20 WIB
Pengrajin wayang kulit banyak terdapat di Pedukuhan Gendeng Pak Budiman, ada Bapak Sagio, Suprihono
Budiman Sutrisno 05 November 2016 23:48:33 WIB
DH, apakah saya bisa minta alamat/nomor telefon pengrajin / pembuat wayang kulit yang terbaik / terhalus di Yogyakarta ? Hormat saya, Budiman - Bali.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

PENGUMUMAN

||HARI KERJA PEMERINTAH DESA BANGUNJIWO, HARI SENIN - JUM'AT|| ||LAYANAN PAJAK STNK KELILING SETIAP HARI KAMIS DI BALAI DESA BANGUNJIWO, PUKUL 09.00 - 12.00 WIB||

KALENDER

Persyaratan Administrasi Desa

APBDesa Bangunjiwo

AUDIO GAMELAN

Lokasi Bangunjiwo

tampilkan dalam peta lebih besar