Gerabah Kasongan

Admin Desa 30 Mei 2015 21:05:26 WIB

Kasongan

SENTRA GERABAH KASONGAN

Merupakan Sentra Kerajinan yang paling terkenal di Bangunjiwo, dan juga menjadi aset berharga dari Kabupaten Bantul. Bahkan nama Kasongan mungkin lebih terkenal dibandingkan nama Desa-nya, yaitu Bangunjiwo. Disini kita dapat menemukan sentra kerajinan gerabah, yang menghasilkan ratusan bahkan ribuan keramik dengan berbagai jenis, bentuk dan ukuran. Dimotori oleh lebih dari 300 pengrajin,yang menyerap seribu lebih tenaga kerja membuat sentra kerajinan ini mampu menembus pasar gerabah internasional. Showroom yang berjajar rapi di kanan-kiri jalan, dipadukan dengan workshop para pengrajin, dimana kita dapat ikut langsung membuat keramik, dan festival seni Kasongan yang rutin diadakan setiap tahunnya, membuat Kasongan menjadi sebuah wisata kerajinan yang berkesan bagi siapapun yang mengunjunginya.

Inilah, Sentra Kerajinan Gerabah Kasongan

Nama UKM    : Sentra Kerajinan Gerabah Kasongan

Produk         : Keramik (guci, air mancur, loro blonyo, patung buddha, terra cotta,dll)

Lokasi          : Kasongan (Dusun Kajen, Tirto, Gedongan dan sekitarnya)

                     Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, D.I.Yogyakarta

Contact         : Desa Bangunjiwo                           : (0274)413340

UPT Koperasi Setya Bawana      : (0274)370549 // HP       : 085729498790

 

PRODUK UNGGULAN

Hasil kerajinan gerabah Kasongan pada umumnya adalah guci, pot /vas, patung loro blonyo, air mancur, wuwung, dan produk-produk keramik lainnya. Khusus untuk guci, kita dapat menemukan banyak bentuk & varian guci di Kasongan. Karena guci merupakan salah satu jenis keramik yang kerap diburu para wisatawan. Selain karena ukurannya yang beragam, mulai dari setinggi dua jengkal tangan hingga seukuran bahu orang dewasa, guci di Kasongan juga memiliki banyak varian finishing nya. Dilihat dari perkembangannya, finishing guci yang banyak ditemui di Kasongan adalah finishing alami, yang hanya menggunakan cat sebagai media ‘sentuhan akhir’ dari guci tersebut.  Guci jenis ini relatif awet, dari dulu hingga sekarang tetap laris diburu para wisatawan. Selain karena banyak pilihan warna dan motif, guci dengan finishing alami ini juga memunculkan citra asli dan orisinil serta benar-benar khas Kasongan   

Seiring berkembangnya jaman, guci di Kasongan juga mengalami banyak penambahan jenis finishing. Sekarang ini, dengan mudah dapat kita lihat guci-guci dengan aksen yang lebih mewah & modern. Salah satunya adalah finishing mozaik atau potongan-potongan keramik yang disusun sedemikian rupa dan membentuk sebuah guci yang unik dan berbeda.

Selanjutnya adalah guci dengan sentuhan mewah, glamour dan sedikit nuansa kontemporer. Guci jenis ini jauh meninggalkan kesan alami nya, namun tetap berpenampilan menarik dan sedap dipandang mata. Walau jika dilihat dari segi harga masih lebih mahal dibandingkan guci ‘klasik’, guci jenis ini tetap memiliki konsumen tersendiri. Banyak pelancong dari luar daerah dan luar negeri yang memburu guci jenis ini.

Guci dengan balutan finishing yang mewah dan glamour. Guci jenis ini juga memiliki tempat sendiri di pasar produk gerabah.

PRODUK LAIN

Kasongan tidak hanya memproduksi guci. Masih banyak produk-produk lain dari keramik yang pamerkan Kasongan. Yang lumrah ditemui adalah patung. Patung punokawan seperti Semar, Bagong dan lainnya, lalu ada patung dua pengantin jawa, yang dikenal dengan nama ‘loro blonyo’, patung buddha, serta masih banyak lagi bentuk-bentuk patung yang pastinya menarik untuk dijadikan hiasan rumah anda.

Selain patung, Kasongan juga banyak memproduksi wuwung. Wuwung adalah semacam genteng, yang terletak di bagian tertinggi suatu atap rumah. Jika biasanya penampilan wuwung tak begitu menarik, hanya seperti genteng biasa, di Kasongan lain halnya. Di sini, wuwung dapat berhiaskan aneka motif & corak. Bahkan ada juga wuwung yang ‘dicengkeram’ patung burung diatasnya. Tentunya wuwung-wuwung seperti ini banyak diminati oleh pembeli, guna menambah cantik & megah rumahnya.

 

PEMASARAN

Tidak dapat diragukan lagi, keramik Kasongan telah dikenal oleh banyak orang di berbagai tempat di nusantara dan di belahan dunia yang lain. Produk-produk nya telah di ekspor ke Eropa, Asia dan Amerika. Di Indonesia sendiri, Kasongan merupakan salah satu pemasok kebutuhan gerabah & keramik penduduknya.

Calon pembeli sebagian besar memilih untuk datang langsung ke Kasongan. Setiap harinya, tidak kurang dari 50 orang yang berkunjung ke Kasongan. Jumlah tersebut akan bertambah banyak ketika akhir pekan dan hari libur. Biasanya, mereka datang secara rombongan, dengan menggunakan mobil pribadi maupun bus.

Di Kasongan juga terdapat sebuah kantor yang juga merangkap sebagai showroom dari UPT (Unit Pelayanan Teknis) Bernama Koperasi Setya Bawana (Kopinkra Seni Kerajinan Keramik Kasongan). Koperasi yang terletak satu kompleks dengan hotel Edotel ini dikelola dibawah naungan Dinas Perindagkop Kabupaten Bantul.

Di kantor koperasi ini, selain memiliki ruang showroom aneka produk keramik, juga memiliki ruangan lain yang tak kalah menarik, yaitu ruang workshop. Di ruang yang terletak di belakang showroom ini, kita dapat secara langsung belajar membuat aneka keramik dari tanah liat. Didukung dengan peralatan yang cukup lengkap, serta ruangan yang luas, membuat tempat ini sangat pas untuk anda yang datang dengan rombongan. Anda bisa membuat keramik, bersama-sama dengan seluruh teman, dan bandingkan hasilnya. Sangat seru! 

HARGA

Aneka produk keramik Kasongan dapat ditebus dengan harga yang beragam. Mulai dari Rp 5.000,- hingga jutaan rupiah, tergantung besar kecilnya suatu produk keramik dan tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya. Harga produk keramik yang paling murah adalah souvenir-souvenir berukuran kecil. Perwujudan daripada souvenir ini biasanya adalah tempat pensil, asbak, wadah lilin dan patung mini. Anda hanya perlu membayar Rp 3.000,- hingga 20ribu rupiah saja.

Untuk produk guci keramik, anda akan menemukan banyak varian harga. Dimulai dari 100 ribu rupiah, sampai diatas satu juta rupiah. Pada umumnya,jika anda membawa uang 300 s/d 500 ribu rupiah, anda sudah dapat memilih berbagai macam guci dengan banyak jenis dan corak warna, serta finishing.

Dikarenakan saking banyaknya produk keramik yang ada di Kasongan, kami tidak dapat menuliskan semua produk beserta harganya di situs ini. Kami sarankan anda untuk datang langsung ke Desa Wisata Kasongan. Sekedar catatan, bahwa produk-produk Kasongan banyak yang dijual di berbagai obyek wisata di Yogyakarta dan sekitarnya, semisal Candi Borobudur maupun Jalan Malioboro. Akan tetapi, kami jamin anda tidak akan rugi jika membeli langsung di pengrajinnya, di Sentra Kerajinan Kasongan. Selain harganya lebih kompetitif, anda dapat pula menawar sesuai keinginan, walaupun tidak semua showroom  di Kasongan menjual keramik yang dapat ditawar harganya.

LOKASI

Untuk mencapai Desa Wisata Kasongan, kita harus berkendara sejauh 8-10 km dari pusat kota Yogyakarta. Rute termudah untuk menuju ke Kasongan adalah dengan melewati Pojok Benteng Kulon (jika anda dari pusat kota Yogya) lurus ke selatan menuju perempatan Dongkelan. Dari perempatan yang dekat dengan Pasar Satwa & Tanaman Hias ini, kita bisa ambil arah lurus (ke selatan). Jalan yang kita lalui ini disebut Jalan Bantul. Selain menuju ke Kasongan, jalan ini juga memandu kita untuk sampai di Pusat Kota Bantul dan Pantai Samas.

Gapura Desa Wisata Kasongan terletak di sebelah kanan Jalan Bantul (jika kita dari arah utara), tepat di sebuah perempatan, sekitar 3-4 kilometer dari Perempatan Ringroad Dongkelan tadi. Wisatawan yang memasuki Desa Kasongan dari arah Jalan Bantul pasti melihat gapura ini. Bentuk fisik yang tinggi besar, dengan rwarna merah khas tanah liat dan patung kuda di kanan kirinya, gapura ini seolah-olah ingin menyambut para pelancong untuk ‘bertamu’ ke Desa Kasongan. 

Dari gapura tersebut, kita dapat melanjutkan perjalanan ke arah barat. Jika menjumpai pertigaan dengan pohon beringin ditengahnya, tetap ambil arah lurus sampai menjumpai jembatan dan sebuah gapura lagi di ujung jembatan tersebut. Wilayah administratif Kasongan, yang merupakan bagian dari Desa Bangunjiwo, sebenarnya terletak di bagian barat jembatan Sungai Kasongan tersebut. Akan tetapi, seiring berkembangnya industri gerabah, kita dapat menemukan banyak galeri dan showroom keramik di timur jembatan yang merupakan wilayah Kecamatan Sewon. 

Cara lain untuk menuju Kasongan ( jika kita sudah mengunjungi sentra kerajinan lain di Desa Bangunjiwo) adalah berkendara terlebih dahulu ke Balai Desa Bangunjiwo. Dari perempatan balai desa, ambil arah ke timur, melewati jantung kerajinan Tatah Sungging Gendeng dan terus ke timur hingga mengarungi sawah besar di Dusun Gedongan. Desa Kasongan terletak di timur areal persawahan tersebut.

Kasongan dapat dicapai dengan banyak moda kendaraan. Mulai dari sepeda, motor, hingga kendaraan beroda empat semisal mobil, minibus dan bahkan bus besar. Jalan di lokasi dan untuk menuju ke lokasi relatif baik dan sudah di aspal seluruhnya. Walaupun demikian, kami mengingatkan agar berhati-hati, karena jalan di pusat kerajinan Kasongan tidak terlalu lebar, sehingga jika berpapasan antar kendaraan roda empat, jalan akan terasa amat sempit.

Jika anda ingin singgah dan bermalam di Kasongan, terdapat sebuah hotel dengan nama Edotel. Hotel yang terletak disamping UPT Koperasi Setya Bawana ini merupakan hotel yang dikelola oleh SMKN 1 Sewon Bantul, dibawah naungan Jaringan Hotel Training Dikmenjur (JHTD).

 

Komentar atas Gerabah Kasongan

Sudjianto 26 Desember 2017 13:30:57 WIB
085.645 848 844 . Perlu photo gentong untuk kamar mandi, harga, diametr, harga, order 8 bh plus ongkir
Mugi Raharjo 08 November 2017 13:28:37 WIB
untuk info kontak penjual gerabah kasongan Aryo Sudiro Hp. 085105873636 atau Nangsib Hp. 08562949891
rea 02 November 2017 12:29:15 WIB
Bisa dibantu contact toko/penjual gerabah kasongan?
susilo 12 April 2017 12:40:06 WIB
saya mau berkunjung tgl 15 april 2017
Andreas Novianto Setiawan 14 Februari 2017 11:54:15 WIB
Apakah kami bisa berkunjung tgl 18 februari 2017 kami dari biro perjalanan wisata Lampung membawa rombongan ibu ibu Pkk dari Kabupaten Lampung Barat mau sharing dan melihat proses pembuatan kerajinan gerabah tersebut. Cp.andre 081288881134 terima kasih

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Persyaratan Administrasi Desa

Jadwal Samsat Keliling

APBDesa Bangunjiwo

AUDIO GAMELAN

Lokasi Bangunjiwo

tampilkan dalam peta lebih besar